Selasa, 12 Januari 2021

Ban

Para pengguna motor, pernah enggak sih, kalian mengalami hal yang sangat amat apes dan menyusahkan secara tiba-tiba? Padahal harus sampai ke tujuan tepat waktu? Pasti akan sangat menyebalkan jika mengalami hal tersebut, bukan? Untuk itu, supaya tidak mengalaminya, Anda harus melakukan perawatan secara berkala menggunakan produk-produk yang terjamin kualitasnya, mulai dari bensin, spare-part, hingga pelumas diesel.

Namun, jika memang sudah nasib dan diharuskan untuk menghadapi persoalan dengan motor kesayangan di jalanan secara mendadak, apa boleh buat? Anda harus menerimanya dan jika ada kondisi yang tidak mengenakkan seperti ban bocor, misalnya, mau tidak mau Anda harus segera menambalnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Di samping itu, jika hal tersebut terjadi maka Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut, di antaranya:

1.      Kurangi kecepatan motor

Ketika Anda menyadari bahwa ban motor Anda bocor atau baru saja tertancap benda tajam, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengurangi kecepatan motor. Saat melakukannya disarankan untuk pelan-pelan dan jangan mengebut karena bisa membahayakan keselamatan.

 

2.      Menepi dan hentikan motor

Selanjutnya, Anda disarankan untuk menepi ke pinggir jalan dan jangan sampai memaksakan untuk membawa motor sampai ke tempat tujuan. Alasannya karena ban motor yang bocor jika terus dipaksakan untuk bergerak malah dapat membahayakan bahkan bisa meledak.

 

3.      Cari tahu penyebab ban bocor

Ban bocor tidak mungkin terjadi begitu saja tanpa penyebab. Maka dari itu, cari tahulah penyebabnya sehingga Anda bisa tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Namun, yang menjadi penyebab utamanya adalah tertancap benda tajam seperti paku, pecahan kaca atau bisa juga masalah yang lainnya.

 

4.      Menuju bengkel terdekat

Pastikan untuk tidak memaksa mengendarai motor sampai ke bengkel tujuan, lebih baik dorong motor tersebut dengan Anda berjalan di sampingnya sehingga ban tidak akan menahan beban yang lebih berat yang mana dapat mengakibatkan kebocoran yang lebih parah.

 

5.      Jangan tambal ban motor sembarangan

Biasanya karena rasa panik, Anda pun mencari bengkel motor asal-asalan yang seadanya sedekat mungkin dengan lokasi Anda. Hal ini seharusnya tidak dilakukan karena dikhawatirkan nanti malah bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan pada motor Anda. Sebaiknya, pilih bengkel resmi demi kualitas perbaikan yang bagus.

 

Nah, demikianlah sederet hal-hal yang perlu Anda lakukan bila ban motor Anda bocor di tengah-tengah perjalanan. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © strong man - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -