Minggu, 25 April 2021

 

Thermal Ribbon


Thermal transfer ribbon barcode merupakan elemen penting dalam pencetakan label barcode untuk sebuah produk. Pita printer yang juga dikenal dengan sebutan TTR ini digunakan pada printer khusus yang menggunakan teknologi thermal transfer. Pada proses pencetakannya, printer akan menghasilkan panas yang akan melelehkan dan "mentransfer" tinta pada pita ke permukaan label barcode.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan printer thermal transfer untuk mencetak label produk Anda, sebaiknya ketahui dulu jenis thermal tranfer ribbon yang biasa digunakan serta persiapan mencetaknya. Dengan begitu proses pencetakan stiker lable pun berjalan lancar.


Jenis Thermal Transfer Ribbon

Sedikitnya terdapat dua jenis thermal transfer ribbon yang bisa dipilih untuk mencetak label barcode. Dua jenis ini biasanya dibedakan berdasarkan bahan “tinta” serta proses thermal atau energi panas yang dibutuhkan untuk pencetakan. Harga yang ditawarkan pun turut berbeda. Berikut paparan singkat keduanya:


1.     Thermal Transfer Ribbon Resin

TTR jenis resin terbuat dari resin murni dan diketahui sebagai jenis yang paling kuat di antara jenis TTR lainnya. Ribbon Resin memiliki daya tahan yang kuat terhadap kondisi lembab atau panas, sehingga hasil cetak tidak mudah hilang.

Jenis ini membutuhkan energi panas tinggi untuk mencetak barcode di dalamnya. Namun hasilnya akan sangat memuaskan karena halus dan merata tanpa crack. TTR resin cocok dicetak pada permukaan glossy, polyester, kain atau serta pada label yang digunakan untuk lingkungan yang keras.

 

2.     Thermal Transfer Ribbon Wax

Pita TTR Wax dilapisi dengan tinta lilin dan tidak memerlukan energi panas yang tinggi untuk mencetak barcode. Dari segi harga, TTR Wax ini memiliki harga yang terjangkau sehingga bisa dijadikan pilihan  untuk menyesuaikan dengan budget tipis.

 

Tidak perlu khawatir akan hasil cetak barcodenya karena hasilnya akan tetap memuaskan. Daya tahannya pun lumayan lama, meski memang tidak seawet TTR resin. Jenis ini cocok digunakan untuk label kebutuhan ritel seperti pengiriman, tiket, rak barang, atau pelabelan gudang.


Hal yang Harus Disiapkan untuk Cetak TTR Barcode

Agar hasil cetak TTR barcode berjalan lancar ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Mengingat bahan thermal transfer ribbon yang cukup mahal maka melakukannya tanpa kesalahan merupakan sebuah keharusan. Hal yang harus disiapkan meliputi 3 hal yakni desain, keuangan dan perusahaan percetakan.

-       Desain

Desain merupakan hal terpenting pada proses mencetak label stiker. Pastikan desain barcode sudah benar dan sesuai. Jangan sampai terdapat kesalahan dalam bentuk desain dan mengharuskan pencetakan ulang. Bila ini terjadi maka pengeluaran uang akan berlipat.

 

-       Budget

Budget yang Anda miliki juga tidak bisa luput dari proses pencetakan. Sesuaikan jenis TTR yang dipilih dengan budget keuangan yang Anda miliki. Siapkan juga budget cadangan untuk berjaga-jaga siapa tahu ada pengeluaran ekstra.

 

-       Perusahaan percetakan

Terakhir, pastikan pilih perusahaan cetak yang terpercaya. Perusahaan yang terpercaya akan mengantarkan pada hasil yang baik. Pilihlah perusahaan terpercaya dengan review yang baik.

Pilih jenis thermal transfer ribbon yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan budget yang tersedia. Jangan lupa siapkan juga 3 hal paling utama dalam pencetakan barcode pada TTR agar hasilnya maksimal.

 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © strong man - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -